Makanan Yang Baik Untuk Kelinci

Makanan yang baik untuk kelinci – Kelinci merupakan hewan piaraan yang lucu dan menggemaskan. Bulunya mulai yang beraneka warna dan juga ada yang albino atau putih. Kelinci berbulu bersih menandakan hewan tersebut sehat. Kelinci yang sehat tidak terlepas dari asupan gizi atau pemberian makanan yang baik untuk kelinci.

Sebagaimana makhluk hidup lainnya, kelinci butuh nutrisi seimbang untuk bisa tetap sehat. Nutrisi seimbang yang memenuhi standar makanan untuk kelinci tidak harus membeli melainkan dapat disiapkan dari bahan alami yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar.

Sebelum kita bahas lebih detail terkait makanan untuk kelinci, teman-teman bisa nih tonton video ini dulu untuk menambah pengetahuan 🙂

Artikel ini akan membahas mengenai makanan kelinci atau makanan yang baik untuk kelinci agar tumbuh sehat. Anda akan diajak untuk mencari makanan kelinci yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar jadi tidak sulit didapat dan murah.

Makanan Yang Baik Untuk Kelinci

  1. Makanan Kelinci: Sayuran

Sayuran banyak mengandung serat, vitamin dan mineral. Kandungan tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Binatang berkaki 4 dan mamalia terutama herbivora sangat memerlukan sayuran untuk asupan gizi terbaiknya.

Bahkan untuk makanan kelinci anggora, sayuran terutama yang berwarna hijau sangat bagus untuk dijadikan makanan kelinci. Bagi anda yang terbiasa memberikan makanan yang baik untuk kelinci, pilihlah dari tanaman sayur di sekitar anda.

Daun-daun seperti daun singkong, daun kacang tanah, daun ketela rambat, kacang panjang, termasuk daun pepaya bisa anda berikan kepada kelinci sebagai makanan yang untuk kelinci.

Sayuran yang berupa umbi atau akar seperti wortel, kentang dan lobak juga bagus untuk kesehatan kelinci. Makanan kelinci yang bisa anda siapkan dari kebun tersebut sebaiknya dicuci bersih kemudian diberikan setiap hari sebagai ransum utama. Dan harus dipastikan makanan tidak tercemar oleh pestisida.

Makanan Kelinci Anggora

  1. Makanan Kelinci: Rumput

Sebagaimana herbivora pada umumnya, rumput-rumputan bagus untuk dikonsumsi. Demikian juga untuk makanan untuk kelinci, rumput bisa disajikan. Rumput secara umum mengandung selulosa yang dibutuhkan untuk menyehatkan pencernaan kelinci.

Adapun jenis rumput bisa beragam seperti rumput gajah, rumput alang-alang, rumput cakar alam dan bahkan rumput manila. Tetapi rumput hiasan cukup mahal jika harus menjadi makanan kelinci.

Namun sebenarnya rumput halus seperti manila memiliki kandungan selulosa dan serat yang cukup tinggi dan cocok untuk makanan kelinci anggora.

Rumput sebaiknya diberikan dalam keadaan bersih dan kering. Rumput hay sangat bagus sebagai makanan yang baik untuk kelinci. Rumput sebaiknya dipotong pada saat tanaman belum berbunga.

Rumput bisa dikeringkan tetapi jangan sampai terlalu kering karena akan merusak struktur serat.

Makanan Untuk Kelinci Yang Murah

  1. Makanan Kelinci: Biji-bijian

Biji-bijian memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi. Untuk kesehatan dan daya tahan tubuh kelinci serta guna mempercantik bulu kelinci, salah satu makanan untuk kelinci adalah biji-bijian.

Jenisnya bisa berbagai macam mulai dari kedelai,  kacang polong, kacang hijau dan juga biji almon.

Kandungan protein, lemak serta mineral dan karbohidrat di dalam biji-bijian sangat bagus untuk memperkuat kemampuan reproduksi kelinci terutama bagi anda yang ingin membuatnya berkembang Biak. Kacang atau bijih almon sangat disuka oleh kelinci.

Kelinci memakannya dalam bentuk mentah dah di tubuh akan mencegah kelinci dari penyakit infeksi. Almon mengandung glikoprotein dan flavonoid yang mengaktifkan sel imun kelinci. Beberapa pecinta hewan ini memberikan kacang kapri sekaligus bijinya untuk kelinci.

Kacang kapri juga sangat bagus sebagai makanan kelinci anggora. Biji-bijian bagus diberikan pada kelinci betina yang sedang hamil dan menyusui.

Sayur Dan Buah Yang Aman Untuk Kelinci

  1. Makanan Kelinci: Umbi

Kelinci sangat dikenal sebagai pemakan wortel. Ya, wortel memang disuka oleh Binatang pengerat. Selain mudah dikonsumsi, wortel memang memiliki kandungan gizi tinggi yang dibutuhkan oleh kelinci.

Tetapi makanan kelinci anggora yang baik dari golongan umbi tidak hanya wortel. Anda juga bisa memberikan umbi lain seperti lobak, singkong, dan juga ketela rambat.

Umbi-umbian mengandung serat tinggi. Makanan yang baik untuk kelinci memang sangat disarankan yang kaya akan serat.

Bagi anda yang tinggal di wilayah pedesaan, talas dan ganyong juga, sangat bagus untuk dijadikan makanan  untuk kelinci.

Khusus untuk singkong sebaiknya kulit dikupas terlebih dahulu karena terlalu keras dan kasar. Kentang juga bagus untuk makanan kelinci. Kandungan magnesium dan kalsium tinggi bagus untuk perkembangan gigi kelinci.

Makanan Kelinci Umur 2 Bulan

Demikian artikel tentang makanan baik untuk kelinci semoga bermanfaat bagi anda para pecinta kelinci. Silahkan dishare jika tulisan ini dirasa bermanfaat untuk teman-teman ya 🙂

 

 

Faunaprints

Share Yuk!

Leave a Reply