Cara Memandikan Kelinci

Cara Memandikan Kelinci – Kelinci merupakan hewan menyenangkan yang sering dipelihara oleh manusia. Beberapa orang beternak kelinci guna disembelih untuk makanan, tetapi sebagian besar manusia tidak tega terhadap binatang lucu bertelinga panjang ini dan memilih menjadi binatang peliharaan sebagaimana kucing dan anjing.

Akan tetapi, kelinci memang sedikit rewel dan mudah sakit tidak seperti kucing atau anjing yang lebih tahan staminanya. Beberapa kelinci sering mengalami penyakit rabies dan beberapa penyakit lain yang bersa berujung kematian.

Memelihara kelinci harus bersih dan higienis. Kelinci mudah mengalami infeksi. Oleh karena itu, kelinci juga harus sering dimandikan.

Cara Memandikan Kelinci Anggora

Cara Memandikan Kelinci Yang Baik & Benar

Sering timbul pertanyaan bolehkah kelinci dimandikan? Mungkin sebelum kita bahas bagaimana cara memandikan kelinci yang baik & benar. Bisa dicek dulu nih video berikut 🙂

Berikut adalah cara memandikan kelinci yang baik dan benar.

  1. Disiapkan Perlengkapan Mandi

Sebelum memandikan kelinci anda harus sudah mempersiapkan aneka perlengkapan mandi untuk kelinci. Sebaiknya kelinci dimandikan di bawah air mengalir yang hangat.

Akan tetapi jika anda tidak memiliki water heater, anda bisa menggunakan bak atau ember yang diisi dengan air hangat atau suam-suam kuku. Suhu air sebaiknya diukur antara 30 hingga 35 derajat celsius.

Jika terlalu panas atau terlalu dingin tentu saja tidak nyaman bagi kelinci. Selain wadah atau ember mandi, perlu disiapkan shampo khusus hewan yang bisa anda beli di petshop.

Kemudian disiapkan pyla, handuk untuk mengeringkan seusai mandi dan dilanjutkan dengan alat pengering guna mengeringkan bulu kelinci.

Bolehkah Kelinci Dimandikan

  1. Tahapan Cara Memandikan Kelinci

Cara memandikan kelinci berikutnya adalah pertama kali bersihkan bagian bawah kelinci termasuk anus terlebih dahulu dengan air hangat sehingga pada saat seluruh tubuh kelinci dimasukkan bak atau ember tidak ada kotoran yang ikut mencemari air.

Dipastikan suhu air suam kuku atau hangat supaya kelinci tidak kaget pada, saat dimasukkan ember.

Bolehkah kelinci dimandikan? Pertanyaan tersebut mungkin selalu terngiang di pikiran Anda ketika melihat kelinci seperti takut atau enggan ketika melihat air.

Membasuh bagian bawah dan kaki akan membuat kelinci merasa nyaman dengan air. Secara perlahan masukkan tubuh kelinci ke dalam bak atau ember dan pelan siram dengan air.

  1. Memberinya Shampo

Bulu kelinci sering sangat kotor dan seperti ada minyak yang melekat. Supaya lembut bisa diberikan shampoo khusus kelinci atau jika tidak ada dapat menggunakan shampoo untuk kucing.

Di petshop yang menjual keperluan hewan piaraan yang lengkap biasanya, tersedia shampo khusus, kelinci yang lembut di bulu kelinci. Gosokkan shampo hingga berbusa di tangan anda.

Cara memandikan kelinci dengan shampoo jsuh lebih bagus jika dibandingkan dengan sabun biasa karena shampo bulu akan benar-benar membuat bulu kelinci bersih dan lembut.

Gosokkan perlahan busa shampo secara merata pada tubuh kelinci.

Hindarkan bagian mata dan mulut atau hidung kelinci sehingga tidak mengalami iritasi. Sembari menggosok lembut pijat pula badan kelinci sehingga kelinci merasa nyaman dan tenang.

  1. Menyikat Bulu

Setelah disabun, anda bisa merontokkan bulu kelinci dengan menggunakan sikat khusus bulu. Meskipun tidak seperti kucing yang bulunya sangat mudah rontok. Tetapi bulu kelincipun perlu dirontokkan supaya tumbuh bulu baru yang lebih sehat.

Bulu kelinci yang sehat akan tampak. Halus dan bersih warnanya pun Cerah. Sikat bulu kelinci dengan cara menggosokkan sikat dari arah atas ke bawah.

Berikan tekanan yang lembut dan jangan terlalu keras karena akan menyakitkan kelinci. Sebaiknya, belilah sikat dari bulu-bulu nilon yang lembut.

Ada beberapa sikat berbahan kawat lembut tetapi sebaliknya jangan digunakan karena dikhawatirkan akan melukai kulit kelinci. Usai disikat kelinci kembali disiram dengan air hangat atau dibilas. Bersihkan pula bagian yang sulit dijangkau.

Risiko Memandikan Kelinci

  1. Mengeringkan Bulu

Jika sudah bersih dan disiram ulang paska merontokkan bulu,  keluarkan kelinci dari bak atau ember dan keringkan keringkan segera dengan handuk yang lembut. Jangan digosok terlalu keras. Cukup dengan cara ditekan-tekankan bulu kelinci dengan handuk.

Kemudian balut handuk sejenak. Setelah itu keringkan tubuh kelinci dengan hairdryer yang disetel hangat. Jangan terlalu dekat semprotan panas mengena tubuh kelinci.

Masih dengan sedikit menekan tubuh seperti memijat, secara rata semprotkan angin ke permukaan tubuh kelinci hingga benar-benar kering.

Caa Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer

Demikian cara memandikan kelinci. Dengan ini anda tidak perlu lagi bertanya bolehkah kelinci dimandikan ? Semoga bermanfaat.

Jika artikel ini sangat bermanfaat untuk kamu, silahkan share melalui tombol-tombol di bawah ini ya 🙂

Share Yuk...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply