Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir – Kucing, apalagi anak kucing, menjadi salah satu hewan yang disukai oleh banyak orang. Selain lucu, tingkah laku hewan ini sangatlah menggemaskan. Ada saja tingkahnya yang membuat tertawa sehingga dapat menjadi penenang saat Anda menghadapi hari-hari yang berat.

Dibandingkan dengan kucing dewasa, cara merawat anak kucing baru lahir memang merepotkan. Anda harus benar-benar merawatnya agar anak kucing tersebut tidak mati. Dengan begitu, Anda dapat melihatnya tumbuh menjadi kucing dewasa yang sehat.

Sebelum lanjut kita bahas lebih detail terkait bagaimana cara merawat kucing baru lahir, yuk tonton video di bawah ini terlebih dahulu 😀

 

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Agar Tidak Mati

Pada minggu-minggu pertama kelahirannya, peranan induk kucing sangat penting untuk merawat anak-anaknya. Tetapi sayangnya, induk kucing juga menjadi penyebab kematian anak kucing yang baru lahir, seperti dimakan oleh induknya atau tertindih saat menyusu.

Untuk menghindarinya, Anda harus merawat anak kucing dengan benar. Adapun cara merawat anak kucing baru lahir agar tidak mati adalah sebagai berikut.

  1. Menyediakan Peralatan Yang Dibutuhkan

Cara merawat kucing baru lahir yang pertama adalah Anda harus menyediakan peralatan yang dibutuhkan, di antaranya:

  • Peralatan Kebersihan

Anak kucing yang baru lahir tentu belum dapat membersihkan tubuhnya sendiri. Karena itu, Anda harus membersihkannya dengan menggunakan kain lembut atau kapas.

  • Selimut Dan Tempat Tidur

Setelah lahir, Anda harus menempatkan anak kucing di ruangan bersuhu hangat yang sudah dilengkapi dengan selimut dan tempat tidur. Untuk selimut, Anda dapat menggunakan handuk atau kain tebal bekas. Sementara untuk tempat tidur, Anda dapat menggunakan dus atau keranjang plastik.

Cara Merawat Kucing Baru Lahir

  1. Menjaga Kehangatan Anak Kucing

Seperti yang sudah disebutkan, menjaga kehangatan anak kucing menjadi cara merawat anak kucing baru lahir yang utama. Anda dapat menempatkan anak kucing dan induknya di ruangan yang bersuhu hangat.

 

  1. Memberikan Susu Pada Anak Kucing

Meskipun menyusu pada induknya, Anda juga dapat memberikan susu tambahan khusus anak kucing. Untuk memudahkan pemberian susu, Anda dapat menggunakan botol susu khusus anak kucing atau pipet.

 

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh Anak Kucing

Anak kucing yang baru lahir tentu belum dapat membersihkan tubuhnya sendiri seperti kucing dewasa. Karenanya, cara merawat anak kucing baru lahir agar tidak mati yang satu ini juga sangat penting dilakukan.

 

Biasanya di sekitar mata anak kucing yang baru lahir, terdapat banyak kotoran dan Anda dapat membersihkannya menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Anda juga dapat membersihkan bulu anak kucing dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat saat memberinya makan.

 

  1. Memberikan Stimulasi Pada Anak Kucing Agar BAB Dan BAK

Biasanya, induk kucing akan menjilati perut anaknya agar dapat BAB dan BAK. Untuk membantu induk kucing, Anda juga dapat mengusap-usap anus dan perut anak kucing dengan menggunakan tisu atau kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Cara Merawat Anak Kucing Agar Tidak Mati

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Yang Ditinggal Induknya 

Setelah lahir, anak kucing membutuhkan perawatan induknya untuk beberapa minggu pertama. Tetapi ternyata, tidak semua induk kucing akan merawat anak-anaknya hingga besar, bahkan ada yang langsung meninggalkannya begitu saja.

Jika menemukan anak kucing seperti itu, Anda dapat merawatnya hingga besar. Adapun cara merawat anak kucing baru lahir yang ditinggal induknya adalah sebagai berikut.

  1. Membuatkan Tempat Tinggal Yang Nyaman Dan Hangat

Karena bulunya yang masih tipis dan sistem imunnya yang masih rendah, anak kucing membutuhkan tempat tinggal yang nyaman dan hangat. Anda dapat membuat sendiri tempat tinggal tersebut atau membelinya di petshop.

 

  1. Memberikan Susu Dan Makanan Khusus Anak Kucing

Karena ditinggal induknya, anak kucing tidak dapat menyusu sebagaimana mestinya. Karenanya, memberikan susu khusus anak kucing menjadi cara merawat anak kucing baru lahir tanpa induk yang dapat Anda lakukan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan makanan lunak saat anak kucing berusia 4 minggu.

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Yang Ditinggal Induknya

  1. Menjaga Kesehatan Anak Kucing

Agar anak kucing yang ditinggal induknya dapat tumbuh sehat, Anda harus menjaga kesehatannya. Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat membawanya ke dokter hewan secara rutin.

 

  1. Melatih BAB Dan BAK

Saat anak kucing sudah dapat BAB dan BAK tanpa stimulasi, Anda dapat melatihnya untuk melakukannya sendiri dengan menggunakan litterbox.

 

Itulah cara merawat anak kucing yang baru lahir, termasuk cara merawat anak kucing baru lahir yang ditinggal induknya. Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini ya teman-teman.

Share Yuk...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply